Laman

Kamis, 21 Juni 2012

Kuis E-finance sebelum UAS 2012 BINUS

Silakan Copy Paste dan gunakan dengam maksimal... Jika Bermanfaat, doakan saja penulis masuk surga.


Link MediaFire: http://www.mediafire.com/view/?sfddb21p3kl57i4

Kuis 1

1.     Jelaskan CIA Security Trial
Tiga konsep yang penting dalam keamanan informasi di Internet : Confidentiality (kerahasiaan), Integrity (integritas), Availability (Ketersediaan). Merupakan suatu model yang terkenal didalam pengembangan keamanan informasi, dimana diaplikasikan didalam berbagai situasi untuk mengidentifikasi masalah atau kelemahan sehingga dapat ditentukan solusi keamanannya.
·         Confidentiality : Artinya data tersebut hanya tersedia pada pihak yang pantas, yang mana pihak tersebut membutuhkan akses kepada data atau pihak yang dipercaya.
·         Integrity : Integritas data mengacu pada kepastian data tidak dapat diubah dan dirusak selama pengiriman. Data pun tidak dapat dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
·         Availability : Informasi yang tersedia ketika dibutuhkan.
2.     Jelaskan Biometric Control
Sistem otentikasi yang mengidentifikasi seseorang dengan cara memeriksa pengukuran berdasarkan karakteristik biologis, seperti sidik jari, (mata) pola iris, fitur wajah, atau suara.
3.     Jelaskan Encryption & Cara kerjanya
Enkripsi adalah proses mengacak data sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Sebuah proses data encoding untuk mencegah pihak yang tidak berwenang melihat atau memodifikasinya.
Ada 2 jenis enkripsi :
·         Simetris (Symmetric) : Anda menjalankan sebuah file melalui program dan membuat sebuah kunci yang mengacak file. Kemudian Anda mengirim file terenkripsi melalui e-mail ke si penerima dan secara terpisah mentransmit kunci dekodingnya (mungkin berupa sebuah password atau file data lainnya). Si penerima, dengan menjalankan aplikasi enkripsi yang sama, menggunakan kunci yang Anda berikan untuk menyatukan kembali file yang telah diacak.
·         Asimetris (Assymetric) : Enkripsi menggunakan dua kunci yang berbeda – kombinasi dari kunci publik dan kunci pribadi. Kunci pribadi hanya diketahui oleh komputer Anda, sedangkan kunci publik yang diberikan oleh komputer Anda untuk setiap komputer yang ingin berkomunikasi aman dengan itu. Untuk memecahkan kode pesan terenkripsi, sebuah komputer harus menggunakan kunci publik, yang disediakan oleh komputer berasal, dan kunci pribadi.
4.     Jelaskan Firewall
Firewall adalah sebuah perangkat lunak (Software) atau perangkat keras (Hardware) yang menyaring seluruh lalu-lintas data (traffic) antara komputer kita, jaringan komputer di rumah atau di kantor dengan Internet.
Karakteristik Firewall :
·         Seluruh kegiatan dari dalam ke luar jaringan, harus melewati firewall.
·         Hanya kegiatan yang dikenal / terdaftar yang dapat melakukan hubungan.
·         Firewall itu sendiri haruslah kebal atau relatif kuat terhadap serangan/kelemahan.
Fungsi Firewall :
·         Mengawasi paket data yang mengalir melalui jaringan sehingga dpat di-filter (dipilah).
·         Melakukan autentikasi terhadap akses
·         Aplikasi proxy firewall mampu mendeteksi protokol aplikasi secara spesifik.
·         Mencatat setiap aliran transaksi yang terjadi didalam jaringan
5.     Jelaskan Spyware
Spyware merupakan salah satu bentuk perangkat lunak mencurigakan yang masuk dan menginstalasikan dirinya sendiri kedalam sebuah sistem untuk mencuri data milik pengguna.
Cara mencegah Spyware :
·         Program pemburu Spyware & Adware
·         Mematikan Cookies pada browser
6.     Jelaskan Intelligent Agent
Software aplikasi yang memiliki tingkat reaktivitas, otonomi, dan kemampuan beradaptasi-seperti yang diperlukan dalam situasi serangan yang tidak terduga. Agen ini mampu beradaptasi sendiri didasarkan pada perubahan yang terjadi di lingkungannya.


Kuis 2

1.     Jelaskan tentang Regulation & Supervision
·         Regulation (Regulasi) umumnya berkaitan dengan pembentukan peraturan yang ada di bagian samping salah satu undang-undang dan, dengan demikian, disetujui oleh parlemen nasional, dan di sisi lain, aturan yang diimplementasikan oleh badan-badan administratif.
·      Berlawanan dengan Regulation, Supervision berkaitan pengawasan, dengan diberlakukannya aturan tersebut, baik sebelumnya dalam bentuk kontrol atau setelahnya dalam bentuk sanksi.
2.     Jelaskan tentang Firewall dan Enkripsi (Kuis 1)
3.     Jelaskan tentang CIA Trial (Kuis 1)
4.     Sebutkan jenis-jenis Cyber Crime


·         Virus
·         Insider Abuse
·         Laptop theft
·         Unauthorized access to information
·         IM misuse
·         Denial of service
·         Bots
·         Theft of customer data
·         Abuse of wireless network
·         System penetration
·         Financial fraud
·         Minuse of web application
·         Password sniffing
·         Theft/loss of priprietary information
·         DNS attack
·         Web site defacement

Jelaskan dimensi keamanan dari pandangan pelanggan dan penjual

1.     Jelaskan Hacker, Cracker, dan DOS
·         Hacker : orang atau grup yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik itu untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.
·         Cracker : sebutan untuk orang yang masuk ke sistem orang lain yang lebih merugikan dan bersifat destruktif, biasanya mencuri password atau lisensi, sengaja melawan keamanan komputer, bahkan sampai menghapus file orang lain.
·         DOS (Denial-of-service) : jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server didalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber yang dimiliki oleh komputer sampai komputer tidak dapat diakses oleh pengguna luar.
2.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan Business model, Business Plan, E-commerce Business Model.
·         Business model : Suatu model bisinis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. Model bisnis adalah sebuah prototipe yang dikembangkan oleh perusahaan dalam rangka menjelaskan bagaimana proses bisnis sebuah perusahaan dan bagaimana proses penciptaan nilai bagi stakeholders dalam perusahaan.
·         Business Plan : Pernyataan formal atas apa tujuan berdirinya bisnis tersebut, serta alasan mengapa pendirinya yakin bahwa tujuan tersebut dapat dicapai, serta rencana-rencana yang akan dijalankan untuk memenuhi tujuan tersebut.
·         E-commerce Business Model : Model bisnis yang difokuskan pada transaksi jual beli yang dilakukan seara elektronik / online.
3.     Sebutkan 8 elemen pokok Business model
1.       Value proposition : mengapa pelanggan membeli dari anda ?
2. Revenue model : Bagaimana perusahaan memperoleh penghasilan, menghasilkan keuntungan, dan menghasilkan imbal hasil yang tinggi pada modal yang diinvestasikan?
3.   Market Opportunity : Apa marketspace yang Anda berniat untuk melayani dan apa ukurannya?
4.  Competitive Environment : Siapa lagi yang menempati marketspace yang Anda maksudkan?
5.     Competitive Advantage : Apakah produk anda lebih superior dari produk lain, dan apakah harga yang ditawarkan lebih murah dari yang lain ?
6.    Market Stategy : Bagaimana Anda berencana untuk mempromosikan produk atau jasa untuk menarik target konsumen Anda?
7.   Organizational Development : Apa jenis struktur organisasi dalam perusahaan yang diperlukan untuk melaksanakan rencana bisnis?
8.     Management Team : Apa pengalaman dan latar belakang yang penting bagi para pemimpin perusahaan untuk dimiliki?
4.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan M-commerce dan P2P
·   M-commerce : suatu sistem perdagangan yang dilakukan melalui media portabel seperti ponsel, PDA, Notebook, Tablet dll.
·         P2P : sebuah jaringan yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang menggunakan program atau jenis program yang sama untuk saling berkomunikasi dan berbagi data. Setiap komputer yang berada dalam jaringan tersebut memiliki fugnsi dan peran yang sama, yaitu server sekaligus klien.
5.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Business Strategy
Strategi bisnis merupakan suatu langkah perusahaan dalam menentukan apa saja sasaran yang harus dicapai dalam mencapai tujuan bisnis, serta dalam waktu jangka panjang.
6.     Jelaskan 4 Generic Business Strategy tersebut
4 Generis strategy busienss merupakan empat strategi poin yang secara umum digunakan oleh pebisnis dalam mencapai dan memelihara kompetitif advantage dan memenangkan persaingan pasar.
1.   Differentiation : berkaitan dengan diferensiasi produk, dimana perusahaan melakukan upaya untuk membedakan produknya dari produk pesaing sehingga produknya lebih diinginkan.
2.     Cost Leadership : berkaitan dengan perusahaan memenangkan omset pasar dengan cara menarik pelanggan pada pemberian harga rendah pada target pasar atau pemberian promo yang menarik.
3.  Scope : Lingkup apakah yang dapat perusahaan kendalikan untuk mendukung Cost leadership tersebut.
4.   Focus : Sasaran apa saja yang harus menjadi target perusahaan dalam meningkatkan kompetitif.





Credit to: Uun Gutama - Sistem Informasi & Manajemen 2008

1 komentar: