Laman

Selasa, 22 Juni 2010

TIPS BERHEMAT, SUKSES, BAHAGIA DAN PUNYA BANYAK UANG!!!

Kebanyakan orang punya masalah dalam dari segi finansial. Banyak yang mengeluh karna gajinya kecil lah, kerja rodi lah, dsb dsb dsb. Dari pengalaman, gw banyak punya temen yg gajinya jauh jauh lebih gede daripada gaji gw, tapi mereka selalu mengeluh kekurangan dana. Gaji gw emang masih jauh di bawah 10 juta, tapi selalu ada uang lebih dan bisa nabung. Tips gw mengandung unsur logis, filosofis, dan religius. Ini lah hal hal yg gw jalanin:

Jangan mengeluh, mengeluh hanyalah buat pecundang.

Namanya manusia, bolehlah kita sedikit mengeluh sekali kali, fine, normal. Tapi kalo sedikit sedikit mengeluh, ini bener bener pecundang. Namanya hidup, banyak rintangan dan kesulitan. Cuma pemenanglah yg bisa ngejalanin hidup tanpa mengeluh dan dgn tegar. Be a winner not a whiner.

Bersukur, bersukur, bersukur dan bersukur.

Temen sekantor banyak yg gajinya jauh di atas gw. tapi mereka selalu mengeluh gajinya kurang. trus kalo gaji naik, tapi naiknya sedikit, mereka cuma ketawa sinis, ngeremehin dsb. biasanya mereka jelek jelekin perusahaanlah, nyindir dan sarkastik lah dsb dsb. kata kata mereka asli bikin gw muak. orang yg ngga pernah bersukur adalah orang yg ga akan dapet berkah dari tuhan. emang secara numerik gaji lebih gede, tapi kalo dirasa, uangnya gak pernah berkah, dan tau tau abis aja. kasian deh loe. gw selalu bersukur dan gak pernah tuh komplain naik gaji kecil, bonus kecil dsb dsb. prinsipnya bagi gw, dapet lebih alhamdulilah, kalo gak dapet, masih ada besok coba lagi!

Jangan pernah jelek-jelekin perusahaan selama lu masih makan duitnya.
Inget, lu bisa makan, bisa jalan jalan, dan bisa beli ini itu karna lu digaji perusahaanlu. kalo kita jelek jelekin perusahaan ato orang yg mempekerjakan kita dan kita masih makan duitnya, gw jamin tuh duit haram dan gak berkah buatlu. dijamin bakal abis tanpa tau juntrungannya. kalo mereka mau, lu tinggal dipecat dan dicari pengganti lainnya. jutaan orang ngantri tuh buat posisilu. jadi lu bukan siapa siapa, cuman debu.

Cintailah pekerjaan dan lakukan pekerjaan dengan serius sepenuh hati.
Kalo lu melakukan kerjaan dengan profesional, menikmati pekerjaanlu, dan tekun, so pasti perusahaan bakal ngeliat donk. pasti lu dikasih apresiasi lebih. tapi kalo belum, ga usah takut, tuhan maha adil kok. belum saatnya aja. dan kalo bisa ga usah deh bikin harapan harapan semu, nanti kalo gak terwujud jatohnya malah kecewa, jelek jelekin perusahaan lagi. intinya, just do it.

Kalo emang lu cinta dgn pekerjaanlu, jangan perhitungan.
Banyak kan tuh karyawan yg perhitungan banget. Dateng gak pernah mau lebih awal, pulang juga selalu teng-go, langsung cabut begitu jam kerja selesai. Kalo gw, gw gak itung-itungan. Kalo perlu dateng lebih awal, ya dateng lebih awal. Kalo pekerjaan belum selesai walo udah waktu pulang, gw gak keberatan ngabisin 1 jam lagi di kantor untuk nuntasin kerjaan gw. Banyak temen kantor yg bilang, “lu rugi, lu kasih lebih tapi lu gak dibayar tau.” Bahkan ada yg ngecap gw sok rajin. Terus terang dalem hati sih gw, bilang “gw ngelakuin ini bukan buat duit, cari perhatian bos dsb dsb. Gw ngelakuin ini karna gw bertanggung jawab, professional, loyal, dan berdedikasi. Efeknya? Gw dipromote 2 kali dalam tahun yg sama!!! Temen sekantor yg dulu pernah bilang pernyataan di atas…..cuman bisa diem. Dan gw dalem hati cuman bisa bilang, “And you were saying..?”

Buatlah standing instruction untuk sedekah di banking online lu.
mungkin banyak dari kita yg gak sempat menyisihkan sebagian harta kita untuk kegiatan amal dan sedekah. untuk menyiasati masalah ini, ada baiknya kita manfaatkan fasilitas standing instruction dari banking online kita. Kalo gw sih udah main itung2an. Kira kira 2,5 persen dari pendapatan gw, gw salurin ke beberapa rekening amal. Jadi tiap bulan ngedebet sendiri. Tips gw, jangan buat standing instruction sedekah atau amal yg nomor rekeningnya atas nama orang. Pilihlah yg atas nama perusahan, badan atau yayasan seperti contohnya: Yayasan Peduli Anak bangsa, Badan Amal dan Sedekah, dsb dsb. Semuanya harus dilakukan dengan iklas dan lapang dada. Inget, harta yg kita punya yg kita keluarkan untuk jalan tuhan tidak pernah kemana kemana, it always comes back with greater amount.

Kalo punya beberapa bank, jadikanlah salah satunya rekening primer, dan yang lain sebagai rekening pasif.
Maksudnya kalo misalnya kita punya 3 rekening dari 3 bank berbeda, pilihlah salah satu yg bakal jadi rekening utama di mana kita menyimpan uang kita. Nah di banking online rekening bank tersebut, buatlah semacam standing instruction untuk mengirimkan sejumlah dana rutin setiap bulannya. Misalnya kita punya rekening A, B, dan C. A adalah rekening primer. Maka di fasilitas online banking bank A, kita membuat standing instruction untuk kirim dana tiap bulan ke rekening B dan C. Ga usah banyak-banyak, paling 75 ribu doank. Kalo gaji naik, bisa ditambah jadi 100 ribu misalnya. Kalo bagilu terlalu sedikit, disesuaikan dengan pendapatanlu. Jangan terlalu banyak, nanti buntutnya malah lu kekurangan duit dan akhirnya rekening lain lu utak atik. Sekarang ini gw punya standing instruction ke 2 rekening gw di bank lain masing masing 75 rebu. Tuh dua rekening gak pernah gw kutak katik. Gw anggep uang hilang aja. Gw gak pernah gunain uang di rekening non-primer gw, seolah gw anggep gw cuman punya 1 rekening di 1 bank (rekening primer gw). Iseng iseng gw periksa di atm saldo gw di rek B dan C…kaget juga, banyak!!! Coba aja itung sendiri sebulan 150 ribu kali 12, udah 1,8 jeti. Lumayan kan? Dan kalo gajilu naik, naikan juga jumlah standing instructionnya. coba bayangin tabunganlu dari rekening bank yang lu anggap gak pernah ada (karna gak pernah lu kutak katik) dalam 5 taun ke depan! berapa besar?

Ga usah ngikutin tren tren ga penting. Tren tren itulah yg akan menghancurkan divisi keuangan dalam hiduplu.

Banyak temen kantor gonta ganti hp, tuker tambah lah, ato bahkan beli baru. Gak mau ketinggalan jaman, gak mau dicap gak gaul dsb dsb…banyak lah alasannya. BB blackberry ato bau badan apalah istilahnya contohnya tuh yg bikin dompet pada kering semua. Mau gaya, tapi nyiksa? Gak deh. Sori, gw bukan budak trend. Gw cuman beli barang karna gw cari fungsinya. Ayo siapa yg punya kebiasaan ganti2 hp ga jelas? Kerasa ga sih uang abis begitu aja untuk hal yg gak penting begini? Hp dipake cuman buat sms sama nelpon, tapi yg dipegang hp canggih yg akhirnya gak kepake tuh fungsi lain, jadi mubazir.

Jangan pelit!! Jangan kikir!!

Kalo kita menggunakan jasa orang yg penghasilannya kecil, jangan sungkan sungkan kasih mereka duit lebih. Percaya sama gw, it feels good, dan lu gak ngerasa duitlu hilang ga jelas. Contohnya, kalo kita pake jasa tukang pijit di rumah, walo mereka kasih tarif 30rb/jam misalnya, kasih kek 40 ato 50rb kalo emang pijatannya enak. Bahagiain orang bisa membuat diri kita jauh lebih bahagia. Contohnya, kalo makan di restoran, biasain tuh kasih tips buat pelayannya. Kalo udah selesai makan, tinggalin kek barang 5 rebu di meja. Ato kalo di kantor pesen delivery service, kasih tips delivery guy nya. Gak banyak kok, paling 5 ribu aja udah bikin mereka senyum. Dengan begini, lu membangun karma baik buat dirilu sendiri. Efeknya, lu pasti ngerasa bahagia, gak pernah ngerasa kekurangan karna lu selalu merasa bisa memberi “lebih” buat orang lain. Sukur-sukur, kalo tuhan kasih rejeki, ada aja tuh bonus dari perusahaan, menang ini menang itu lah. Sekali lagi, it always comes back to you. the money never goes anywhere from your pocket.

Kebahagiaan datangnya dari hati, bukan dari duit.

Kalo lu punya prinsip bahwa yg namanya bahagia itu adalah punya duit banyak, lu salah besar. Karna yg namanya duit, gak akan pernah membuatlu merasa cukup. You’ll want more and more. Buntutnya? Ya udah bisa ditebak: lu gak akan pernah merasa bahagia. Emang yg namanya manusia, normal lah pengen banyak duit. Tapi jangan jadikan duit jadi patokan kebahagiaan dan kesuksesan. Money is something but it’s not everything.

KAYA= keinginan < penghasilan.
Kalo keinginan lu lebih kecil daripada penghasilan, lu pasti bakal jadi orang kaya. Orang kaya adalah orang yang serba berkecukupan. Mohon dibedakan dengan pengertian “kaya” sebagai keadaan di mana kita punya mobil banyak, rumah mewah dan harta berlimpah. Orang orang begini belum tentu kaya. Kalo orang kaya punya mobil banyak, tapi dia pengen punya pesawat dan gak mampu beli pesawat, berarti dia miskin. Tapi kalo orang dgn penghasilan biasa biasa aja, dan dia cuman punya motor, dan sudah merasa bersukur sudah punya motor, dan gak pengen punya mobil, berarti dia adalah orang kaya.

Jangan pernah melihat orang yang di atas, lihatlah orang yg di bawah.

Kalo lu ngerasa gajilu kurang karna elu melihat temen temenlu gajinya jauh diataslu, lihatlah temen temen lu yang masih nganggur ato yg kerjaannya gak lebih baik darilu, lihatlah jutaan orang yg masih nganggur dan gak punya kerjaan tetap, lihatlah tukang ojek, tukang sayur, kuli bangunan dsb dsb. Kalo kita selalu ngeliat yg di atas, kita akan berprasangka buruk ke tuhan, dan gak bersukur, maka otomatis rejeki jauh dari kita dan gak akan pernah dateng ke kita.

Jadikan asuransi sebagai kebutuhan.
Orang indonesia belum terlalu familiar dengan namanya asuransi. Kesadaran akan asuransi masih belum ada. Kita berasuransi karna kita diasuransikan. Artinya kita punya asuransi karna emang kantor yg kasih, bukan karna keinginan kita. Pilihlah asuransi yg unit-link, jadi sekalian berinvestasi. dan pilih perusahan asuransi yg terpercaya. kalo ada asuransi, dijamin bakal tenang. kalo kita punya asuransi doble, kita bisa doble klaim. saat sakit, asuransi dari kantor dan pribadi bisa mengcover kita. malah kita untung dapet duit asuransi. kalo sehat-sehat, setidaknya kita sudah membeli "rasa tenang dan aman" kalo kalo keluarga kita tinggalkan, kita tidak memberikan mereka beban finansial. percaya sama gw, punya asuransi ga bakal rugi. liat deh tuh orang bule, kalo sakit ga ada tuh pikiran "gimana bayar rumah sakit?". kalo kita, kalo sakit tambah beban pikiran dari biaya perawatan. Asuransi adalah bentuk investasi jangka panjang yang baru kerasa manfaatnya nanti di hari tua. Pilihlah asuransi berbasis syariah (bukan hanya buat muslim aja, non muslim juga). karna syariah prinsipnya bagi hasil, jadi lu pasti untung walo lu sehat dan gak pernah klaim.

Berinvestasilah sejak dini.
Sekarang gak perlu tuh mahal mahal untuk investasi. kan udah ada produk reksadana. sekarang kita bisa berinvestasi dengan beberapa ratus ribu rupiah aja. top up deh tuh tiap bulan ato tiap semester. kalo berinvestasi jangan berharap bisa ambil untung tiap bulan. investasi reksadana adalah investasi jangka panjang, yg manfaatnya diambil di hari tua. anggap aja, duit yg kita investasikan sebagai uang hilang. tau tau pas udah tua, cek deh tuh portfolio lu, dijamin bakal kaget karna duitlu udah banyak banget.

Berhenti merokok!!!

Rokok adalah barang terkutuk yg paling gw benci. Selain menggerogoti kesehatan kita, dia juga menggerogoti kantong kita. Rokok cuman buat orang bodoh dan miskin. Come on people, think! Rokok bisa membuat anak anaklu bego dan keluargalu miskin. Maen logic aja deh, sebungkus 7 rebu/hari:
-7000/hari x 30 = 210,000 (per bulan)
-210,000 x 12 = 2,520,000 (per tahun)
-2,520,000 x 10 = 25,200,000 (dalam 10 taun)

Duit lho itu. Coba kalo tuh duit ditabung perbulannya, 210rb x 12 = Rp2,520,000. Setaun abis 2jt lebih buat hal goblok kyk begini? Trus Rp2,520,000 dikali 10 taun = 25 jt lebih. Dengan rokok, lu udah merampas hak anaklu untuk bisa sekolah ke perguruan tinggi bagus dan bukannya abal abal, lu udah ngerampas hak anaklu untuk bisa dapet ilmu tinggi, dan lu udah menurunkan taraf keluargalu sendiri pada akhirnya. Semua hanya karna 7000/hari???? tolol kan kalo dipikir2? Kalo maen di logic, udah jelas kan itung itungannya. Ini baru yang 7000 rebu per hari, belum itungan perokok gila yg bisa berapa bungkus per hari. Selain main logic, kita juga main karma, berapa banyak tuh yg nyumpahin elu karena tuh orang ngerasa terganggu dgn asep rokoklu?? karna terus terang gw nyumpahin orang yg asep rokoknya ganggu gw, gw sumpahin cepet mampus kek, gw sumpahin miskin 7 turunan kek.

Jangan pernah berpikir "GAK CUKUP".
Dari dua tips investasi di atas, lu pasti berpikiran, "mana cukup duit untuk begituan?". Jangan salah! selalu ada dana untuk berinvestasi. coba lu pikir-pikir, duitlu lu pake buat apa aja? bisa gak bedain keinginan dan kebutuhan? Mulailah mensortir prioritas kebutuhan dan keinginan kita dan mengalokasikan kebutuhan/keinginan yg gak penting untuk berinvestasi. Contohnya seperti rokok di atas. gak penting tuh, CORET DALAM LIST!!! Trus misalnya kalo lu biasanya punya budget buat beli gadget norak, CORET JUGA. Gak penting. Kalo lu tiap hari makan siang di food counter ato di kantin mahal, ato di fastfood, mulai deh berhemat bawa lunch box. Diketawain temen kantor? dianggep gak gawol getho lwoh ato apalah? Cuekin aja! trust me you'll be the last man to laugh. Mereke kan gak tau tuh saldo di rekening lu berapa. Mereka cuman mewah di kulit dan di luarnya aja, padahal di dalem mereka pusing mikirin tagihan kartu kredit dan mikirin cara cari duit tambahan. kasiaaaaan de loh. mati gaya kan kalo udah gini? Mau gaya gayaan cuman buat ngeksis? kasian deh orang begini. tolol. pikirin tuh jauh ke depan. hidup bukan cuman untuk hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar