Laman

Senin, 16 April 2012

KUIS APLIKASI & PENERAPAN E-BISNIS SEBELUM UTS 2012

CREDIT TO: 08PBY MANAJEMEN & SISTEM INFORMASI 2008


1.    Apa yang anda ketahui tentang HTML?
HTML (Hyper Text Markup Language) adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web. Didalam file HTML terdapat beberapa "tag" atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor. HTML merupakan bentuk standar yang digunakan untuk mendefinisikan tulisan dan tata letak dari suatu halaman web. Data HTML biasanya memiliki ekstensi .HTML atau .HTM.

2.    Apa yang anda ketahui tentang XML?
XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet. XML merupakan sebuah standar untuk peminddahan struktur data, tidak seperti HTML yang murni hanya berupa penyajian.

3.    Gambar dan jelaskan model infrastruktur ebisnis!


 

 4.    Gambarkan matrix ‘Catalyst for Change’!


5.    Jelaskan model push and pull supply chain!


Tujuan khusus  : Optimasi proses produksi untuk efisiensi biaya.
Karakteristik khusus : Pabrikan memimpin pengembangan produk baru, integrasi data yang
  buruk karena penggunaan teknologi yang terbatas, siklus dan waktu
  respon yang panjang, dan tingkat persediaan yang tinggi.
Penggunaan IS   : pengelolaan data independen oleh anggota rantai pasokan,
  Penggunaan EDI yang terbatas.






Tujuan khusus        : Meningkatkan kualitas produk dan jasa.
Karakteristik khusus    : Mendorong riset pasar, teknologi digunakan untuk mencapai integrasi
  data dan riset, waktu siklus dan respon yang singkat, tingkat
  persediaan yang rendah.
Penggunaan IS        : Sistem internal yang terintegrasi, penyebaran informasi diantara
  anggota rantai pasokan. Penggunaan yang luas dari EDI dan
  e-commerce, seringkali melalui pertukaran B2B dan perantara.

 6.    Jelaskan ketiga aktifitas utama dalam supply chain!
a.    Upstream supply chain: transaksi antara sebuah organisasi dengan penyalurnya dan perantaranya, ekuivalen dengan e-commerce sisi pembelian.
b.    Internal supply chain: transaksi yang terjadi di dalam internal organisasi itu sendiri.
c.    Downstream supply chain: transaksi antara sebuah organisasi dengan konsumennya dan perantaranya, ekuivalen dengan e-commerce sisi penjualan.

7.    Apa yang anda ketahui tentang e-procurement?
Integrasi elektronik dan pengelolaan seluruh kegiatan pengadaan termasuk permintaan pembelian, otorisasi, pemesanan, pengiriman dan pembayaran antara pembeli dan pemasok. Lima hal yang harus “tepat” dalam pembelian: pada harga yang tepat, dikirim pada waktu yang tepat, kualitas yang tepat, pada jumlah yang tepat, dari sumber yang tepat.

8.    Jelaskan keuntungan dan kerugian online purchasing!
a.    Keuntungan:
i.    Transparansi yang tinggi
ii.    Penurunan resiko dari maverick spend
iii.    Penurunan harga melalui negosiasi secara online
iv.    optimasi proses
b.    Kerugian:
i.    Transparansi yang tinggi
ii.    Penurunan resiko dari maverick spend
iii.    Penurunan harga melalui negosiasi secara online
iv.    optimasi proses
v.    Resiko organisasi
vi.    Resiko teknologi
vii.    Daya tahan pemasok

9.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan eCRM!
E-CRM adalah strategi bisnis yang menggunakan teknologi informasi yang memberikan perusahaan suatu pandangan pelanggannya secara luas, dapat diandalkan dan terintegrasi sehingga semua proses dan interaksi pelanggan membantu dalam mempertahankan dan memperluas hubungan yang menguntungkan secara bersamaan. E-CRM menyangkut semua bentuk mengelola hubungan dengan pelanggan memanfaatkan IT, untuk mengintegrasikan sumber daya internal organisasi dan strategi pemasaran eksternal untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Atau dapat dikatakan bahwa E-CRM adalah sebuah aplikasi internet maupun teknologi digital lainnya yang digunakan untuk memperoleh serta mempertahankan pelanggan dengan cara meningkatkan pengetahuan akan kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

10.    Jelaskan 4 elemen eCRM!





a.    Customer selection: mendefinisikan jenis konsumen yang mana perusahaan akan memasarkan produk mereka. Ini berarti mengidentifikasi kelompok konsumen yang berbeda untuk mengembangkan penawaran dan target selama acquisition, extension, dan retention.
b.    Customer acquisition: kegiatan pemasaran dimaksudkan untuk membentuk hubungan dengan pelanggan baru dan meminimalkan biaya akuisisi dan menargetkan pelanggan bernilai tinggi. Kualitas layanan dan memilih saluran yang tepat untuk pelanggan yang berbeda yang penting pada tahap ini dan sepanjang siklus hidup.
c.    Customer retention: kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh organisasi untuk menjaga konsumen yang telah ada. Mengidentifikasi penawaran yang relevan berdasarkan pada kebutuhan masing-masing individu adalah kuncinya.
d.    Customer extension: meningkatkan kedalaman atau rangkaian produk yang pelanggan beli dari sebuah perusahaan. Ini sering disebut sebagai ‘pembangunan pelanggan’.


11.    Jelaskan jenis-jenis web user!
a.    Directed information seekers: akan menggunakan search engine, directory, atau media cetak untuk mencari informasi yang spesifik, up-to-date, dan relevan tentang produk dan jasa.
b.    Undirected information seekers: mencari sesuatu yang menarik, aneh, atau kocak, yang mungkin mereka tidak pernah berpikir untuk mencarinya, mereka akan mengunjungi situs Anda jika anda menentukan beberapa kategori informasi (diperbaharui setiap hari atau minggu) yang sesuai dengan profil bisnis Anda di samping promosi penjualan Anda.
c.    Directed buyers: ingin membeli sesuatu, sehingga akan membuat membeli dari Anda jelas, dan semua order dan pengiriman proses semudah mungkin.
d.    Bargain hunters: mencari kesepakatan yang lebih baik dari yang mereka dapatkan di tempat lain, sehingga memiliki pengeluaran yang lebih rendah dengan mencari diskon pada pembelian online, mereka akan merespon informasi produk dan juga permainan, lomba dan hadiah dengan pesanan.
e.    Entertainment seekers: mencari interaktivitas dalam bentuk kompetisi, permainan, kuis dan juga barang-barang gratis seperti animasi, klip suara dan download screensaver.

12.    Jelaskan klasifikasi B2B e-marketplace berdasarkan derajat keterbukaan!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar